Langsung ke konten utama

Materi TKJ : DKK 1 Cara Merakit PC

Materi TKJ : DKK 1 Cara Merakit PC

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

pagi ini saya akan memposting tugas dari Bapak Mahadi Hendro Wiyono, yaitu Tugas Materi TKJ : DKK 1 Merakit PC

Dalam merakit sebuah pc maka diperlukan komponen komponen sebagai berikut :

1. Motherboard


Pengertian Motherboard

Motherboard adalah serikuati utama dalam sebuah CPU. Motherboard merupakan tempat pemasangan processor, memori, slot , hardisk, CD ROM, DVD ROM baik secara langsung ataupun menggunakan kabel terlebih dahulu.
Materi TKJ : DKK 1 Cara Merakit PC

Cara Kerja Motherboard

Ketika pertama kali komputer dihidupkan, chip BIOS akan memeriksa hardware yang terpasang pada motherboard meliputi, processor (CPU) Memori (RAM), Slot Ekspansi, Hardisk, CDROM/DVDROM, sound, lancard, dll, setelah BIOS selesai memerika maka seluruh komponen yang terpasang, selanjutnya chipset akan mengambil alih tugas mengontrol seluruh komponen di motherboard, diantaranya mengatur processor ketikan menginstruksikan meminta data dari memori, mengontrol ketika terjadi tranfer dari memory ke hardisk.
Pertama kali sistem komputer akan mendeteksi sistem operasi yang terpasang, dari sinilah hardware dan software akan bekerjasama. Beberapa sistem operasi yang kita kenal diantaranya windows 7, windows 8. Linux.


2. Processor


Processor sering disebut sebagai otak dan pusat pengendali computer yang didukung oleh kompunen lainnya. Processor adalah sebuah IC yang mengontrol keseluruhan jalannya sebuah sistem komputer dan digunakan sebagai pusat atau otak dari komputer yang berfungsi untuk melakukan perhitungan dan menjalankan tugas. Processor terletak pada socket yang telah disediakan oleh motherboard, dan dapat diganti dengan processor yang lain asalkan sesuai dengan socket yang ada pada motherboard. Salah satu yang sangat besar pengaruhnya terhadap kecepatan komputer tergantung dari jenis dan kapasitas processor.

Prosesor adalah chip yang sering disebut “Microprosessor” yang sekarang ukurannya sudah mencapai Gigahertz (GHz). Ukuran tersebut adalah hitungan kecepatan prosesor dalam mengolah data atau informasi. Merk prosesor yang banyak beredar dipasatan adalah AMD, Apple, Cyrix VIA, IBM, IDT, dan Intel. Bagian dari Prosesor Bagian terpenting dari prosesor terbagi 3 yaitu :
  • Aritcmatics Logical Unit (ALU)
  • Control Unit (CU)
  • Memory Unit (MU) 

3.RAM

 
Materi TKJ : DKK 1 Cara Merakit PC
RAM adalah alat elektronik yang berfungsi untuk menyimpan data komputer yang bersifat sementara, dan hanya bekerja pada saat komputer hidup saja. Struktur RAM dibagi menjadi 4 bagian, yaitu:

  1. Input storage,berfungsi untuk menampung input atau masukan yang dimasukkan dari alat input.
  2. Program Storage, bagian dari RAM yang berfungsi sebagai penyimpan intruksi program yang akan diakses.
  3. Working Storage, merupakan bagian dari memori yang bertugas menyimpan data yang akan diolah dan hasil pengolahan.
  4. Output Storage, berfungsi untuk menampung hasil akhir dari data yang akan di tapilkan ke perangkat output.

4. VGA Card


VGA card adalah sebuah perangkat keras yang melakukan rendering atau pemrosesan output berupa visual yang ditampilkan pada layar monitor. VGA singkatan dari Video Graphic Accelerator, sesuai dengan fungsinya diatas. VGA card berhubungan langsung dengan tampilan di layar monitor. Kata “card” menunjukkan bahwa bentuk VGA card mirip dengan kartu yang ditancapkan pada slot yang ada di motherboard komputer anda.
Materi TKJ : DKK 1 Cara Merakit PC

Struktur VGA mirip dengan komputer yang sangat kecil. VGA card memiliki prosesor yang disebut dengan GPU atau Graphic Processing Unit ditambah dengan memori di dalamnya. Prosesor ini akan panas jika dialiri listrik saat bekerja, sehingga dibutuhkan heatsink sebagai penyerap panas dan kipas sebagai pengusir panas pada heatsink. Hal ini dikarenakan GPU memiliki suhu optimal kerja dan tidak boleh terjadi overheat. Jika terjadi overheat, maka VGA card bisa rusak dan tidak dapat digunakan kembali.


5. LAN Card


Materi TKJ : DKK 1 Cara Merakit PC
LAN CARD merupakan penghubung antara system computer dengan kinerja computer lain ataudapat dikatakan LAN CARD merupakan sinyal untuk saling berbagi antara computer satudengan computer yang lain. Prinsip kerja LAN CARD adalah menerima sinyal dari computer lain kemudian mentranmisikan kedalam masukan kemudain diolah menjadi data begitusebaliknya saling berbagi. LAN CARD dapat digunakan untuk menghubungkan systemcomputer satu dengan computer lain melalui perantara HUB sehingga dalam area tersebutmembentuk suatu jaringan computer.

6. Harddisk 

Materi TKJ : DKK 1 Cara Merakit PC

HARDDISK adalah perangkat keras komputer yang berguna sebagai penyimpanan data secara permanen.
Harddisk adalah media penyimpanan data permanen, jadi data tidak hilang meskipun listrik sudah dimatikan. Harddisk berisi cakram magnetik yang mampu menyimpan data. Ukuran harddisk dinyatakan dalam Byte (B), contoh: 160GB (160 milyar byte). Harddisk ditemukan  pertama kali oleh Reynold Johnson di tahun 1956. Harddisk pertama berukuran 4.4 MB.

Bagian-bagian dari HARDDISK :

1. Spindle
Harddisk terdiri dari spindle yang menjadi pusat putaran dari keping-keping cakram magnetik penyimpan data. Spindle ini berputar dengan cepat, oleh karena itu harus menggunakan high quality bearing.
Dahulu harddisk menggunakan ball bearing namun kini harddisk sudah menggunakan fluid bearing. Dengan fluid bearing maka gaya friksi dan tingkat kebisingan dapat diminimalisir. Spindle ini yang menentukan putaran harddisk. Semakin cepat putaran rpm harddisk maka semakin cepat transfer datanya.

2. Cakram Magnetik (Magnetic Disk)
Pada cakram magnetik inilah dilakukan penyimpanan data pada harddisk. Cakram magnetik berbentuk plat tipis dengan bentuk seperti CD-R. Dalam harddisk terdapat beberapa cakram magnetik.
Harddisk yang pertama kali dibuat, terdiri dari 50 piringan cakram magnetik dengan ukuran 0.6 meter dan berputar dengan kecepatan 1.200 rpm. Saat ini kecepatan putaran harddisk sudah mencapai 10.000rpm dengan transfer data mencapai 3.0 Gbps.

3. Read-write Head
Read-write Head adalah pengambil data dari cakram magnetik. Head ini melayang dengan jarak yang tipis dengan cakram magnetik. Dahulu head bersentuhan langsung dengan cakram magnetik sehingga mengakibatkan keausan pada permukaan karena gesekan. Kini antara head dan cakram magnetik sudah diberi jarak sehingga umur harddisk lebih lama.
Read-write head terbuat bahan yang terus mengalami perkembangan, mulai dari Ferrite head, MIG (Metal-In-Gap) head, TF (Thin Film) Head, (Anisotropic) Magnetoresistive (MR/AMR) Heads, GMR (Giant Magnetoresistive) Heads dan sekarang yang digunakan adalah CMR (Colossal Magnetoresistive) Heads.

4. Enclosure
Enclosure adalah lapisan luar pembungkus harddisk. Enclosure berfungsi melindungi semua bagian dalam harddisk agar tidak terkena debu, kelembaban dan hal lain yang dapat mengakibatkan kerusakan data.
Dalam enclosure terdapat breath filter yang membuat harddisk tidak kedap udara, hal ini bertujuan untuk membuang panas yang ada didalam harddisk karena proses putaran spindle dan pembacaan Read-write head.

7. CD-ROM


Materi TKJ : DKK 1 Cara Merakit PC

CD-ROM adalah sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik (optical disc) yang dapat menyimpan data. Ukuran data yang dapat disimpan saat ini bisa mencapai 700MB atau 700 juta bita.

Mulai tahun 1983 sistem penyimpanan data di optical disc mulai diperkenalkan dengan diluncurkannya Digital Audio Compact Disc. Sejak saat itulah teknologi penyimpanan pada optical disc berkembang.

Biasanya piringan CD-ROM berwarna perak. Proses pembuatannya adalah dengan cara menaruh selembar lapisan plastik yang telah disinari oleh sinar laser. Sinar laser itu akan membentuk semacam pit (lubang) berukuran mikro, yang sangat kecil sekali. Lubang-lubang itu akan membentuk deretan kode yang isinya berupa data. Sekali tercipta lubang, maka tidak bisa ditutup lagi. Lalu lapisan plastik itu akan dibungkus lagi oleh plastik cair yang berguna sebagai pelindung dan pemantul. Semua itu prosesnya dilakukan secara bertahap dalam suatu mesin cetakan. Alat cetakan CD-ROM bentuknya mirip cetakan kue martabak manis dan analogi pembuatannya juga mirip seperti itu.

8. Floppy Drive


Materi TKJ : DKK 1 Cara Merakit PC
Floppy drive, adalah komponen pada cpu yang berfungsi sebagai media pembaca disket.
Floppy drive ada dua macam, sesuai dengan ukuran disket yakni: 3,5 inchi dan 5,25 inchi.

Namun, saat ini ukuran floppy yang paling umum adalah: 3,5 inchi.
Bagi PC generasi sekarang perangkat ini sudah tidak lagi digunakan dikarenakan kapasitas penyimpanan floppy disk yang sangat kecil.


9. Power Supply


Materi TKJ : DKK 1 Cara Merakit PC
Power Supply adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menyuplai tegangan langsung kekomponen dalam casing yang membutuhkan tegangan, misalnya motherboard, hardisk, kipas, dll. Input power supply berupa arus bolak-balik (AC) sehingga power supply harus mengubah tegangan AC menjadi DC (arus searah), karena hardware komputer hanya dapat beroperasi dengan arus DC. Power supply berupa kotak yang umumnya diletakan dibagian belakang atas casing.

Cara Kerja Power Supply

Ketika kita menekan tombol power pada casing, yang terjadi adalah langkah berikut.
Power supply akan melakukan cek dan tes sebelum membiarkan sistem start. Jika tes telah sukses, power supply mengirim sinyal khusus pada motherboard, yang disebut power good.

10. Casing


Casing Komputer adalah kotak atau rumah komputer adalah tempat terletaknya Processor (CPU), Motherboard dan peranti2 yang lain. Pada casing ini juga digunakan sebagai tempat untuk melindungi motherboard, floppy drive, power supply , hard disk drive dan komponen-komponen yang lain.

Materi TKJ : DKK 1 Cara Merakit PC

5 Fungsi Casing Komputer  :


1. Melindungi berbagai komponen2 di dalamnya dari debu, panas, air, atau kotoran lainnya pada saat bekerja dan melindungi dari benturan2 fisik yg kita tidak inginkan.
2. Casing juga begitu penting karena hampir semua perkakasan seperti prosessor,motherboard, DVD-RW drive, DVD-ROM dan hard disk menggunakan casing ini sebagai tempat perlindungan di slot-slot tersendiri di setiap ruang casing yang tersedia.
3. Exhaust fan yang berfungsi sebagai pendingin ruang juga menggunakan casing sebagai tempat beroperasi mengawal suhu dalam CPU.
4. Casing computer yang juga amat penting adalah sebagai tempat terletaknya lampu-lampu serta slot-slot yang terdapat di bagian casing agar casing computer anda menjadi menarik
5. Casing juga mempunyai tugas penting yaitu sebagai “dudukan” power supply yang memberikan tenaga buat semua komponen.
Bayangkan apabila seluruh perabotan tersebut tidak ada casingnya sangat berantakan dan berbahaya sekali, seperti orang tanpa rumah…

Demikian Artikel Tentang Materi TKJ : DKK 1 Merakit PC yang bisa saya muat pada hari ini.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 Foto Urbex Ini Dijamin Keren Banget!

Kalo ngomongin soal Urbex itu nggak ada habisnya, karena setiap harinya banyak foto - foto baru yang di upload dengan hashtag #urbexpeople ini. Nah untuk sekarang ini Urbex People sendiri sudah terkenal di kalangan remaja masa kini. photo by @semuuuut Urbex atau Urban Exploration adalah sebuah kegiatan pertualangan untuk mengeksplorasi tempat-tempat yang jauh dari sifat komersil atau tempat-tempat yang terlihat tua dan sudah lama ditinggalkan. Maksudnya, menjelajahi  tempat-tempat yang nantinya dijadikan sebagai tempat untuk pengambilan gambar Urbex. Orang-orang yang melakukan kegiatan ini biasanya sering disebut dengan Urbex People.  Urbex juga banyak tipe nya loh. Ada Urbex yang berhubungan dengan aliran air disebut Drains, ada Urbex Spelunking atau eksplorasi perkotaan, juga ada Building Hacking untuk foto-foto bangunan. Kalo kalian menemukan gedung tua yang terbengkalai, apa yang kalian lakukan? Pasti banyak dari kalian yang memilih pergi meninggalkannya. Tapi bagi para

Cara Mengedit Foto Ala Urbex People di Lightroom PC (Android juga bisa!)

Hello semuanya! Akhir - akhir ini saya sibuk dengan hobi baru saya nih, yaitu mengedit foto urbex :D Awalnya iseng liat liat di instagram ada foto - foto yang editannya keren, karena penasaran saya telusuri deh itu namanya apa, dan ketemu juga, ternyata itu adalah Foto Urbex. Terus saya langsung googling deh tentang cara mengedit foto urbex , tapi hasilnya ya kurang memuaskan karena tutorialnya yang jarang dan kalau ada juga kurang detail. Baca Juga : Cara Mempercepat Proses Charge Smartphone kamu! Mau nyari perlengkapan buat foto urbex? bisa lewat aplikasi ini gan! http://apps.mg/d0be7a   Urbex itu apa sih?  Bagi yang belum tahu, Urbex adalah singkatan dari Urban Exploration, Yaitu sekumpulan orang yang meng Explore atau menjelajah tempat tempat di kota, bangunan tua, dan tempat yang jarang dikunjungi oleh orang orang dan biasanya dilakukan pada malam hari, tapi di siang hari juga bisa kok :D Di New York Juga ada Komunitas Urbex ini dengan nama urban exploration nyc. U

Foto Urbex Keren By anwar.jpg

Foto Urbex Keren By anwar.jpg Kali ini saya akan membagikan kepada kalian beberapa Foto Urbex yang Keren hasil karya saya sendiri. Yah meskipun saya tidak terlalu jago dalam hal Edit Urbex. Untuk Cara Edit Foto Urbex Sendiri Saya sudah pernah membahas ya di Artikel Cara Edit Foto Urbex .  Berikut ini beberapa Foto Urbex Keren hasil karya saya. Jangan lupa follow instagram saya ya :D @anwar.jpg   Nah yang ini pernah di repost akun street activity pekalongan bro   Yang ini bukan urbex sih, tapi tema nya Street Activity.  Lihat foto urbex keren yang lainnya disini bro!